cover
Contact Name
Rudi Abdullah
Contact Email
info@azramediaindonesia.com
Phone
+6285277555155
Journal Mail Official
rudiazra9140@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kijang Perumnas Poasia Blok B 31, Kelurahan Rahandouna. Kecamatan Poasia. Kota Kendari. Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
ISSN : -     EISSN : 26296362     DOI : -
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research with e-ISSN : 2829-6362 (Online) is an electronic scientific journal published online twice (June and December) a year by Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities, Life Sciences, Health Science, Physical, Chemical Science and Engineering.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
BENTUK SIKAP POSITIF DAN TINDAK TUTUR DALAM ANIMASI "BING BUNNY" BERSEMBUNYI Anggi Sirka Rinta; Fuaddilah Ali Sofyan
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Topik kajian penelitian ini mengenai Bentuk sikap positif dan tindak tutur di serial Bing. Yang dimana dalam serial Bing ini dapat temukan banyak bentuk sikap positif dan tindak tutur yang berkaitan dengan karakter tokoh nya. Dalam kajian ini dijabarkan mengenai bagaimana sikap positif dan tindak tutur yang dilakukan dalam animasi Bing ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Peneliti menggunakan metode menggunakan metode simak.  Bahasa, dalam pengertian Linguistik Sistemik Fungsional (LSF), adalah bentuk semiotika sosial yang sedang melakukan pekerjaan di dalam suatu konteks situasi dan konteks kultural, yang digunakan baik secara lisan maupun secara tulis. Bahasa adalah suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan oleh penutur dan dapat dipahami dengan baik. Dengan menggunakan bahasa seseorang dapat mengutarakan apa yang ada di pikirannya, dan dapat berinteraksi dengan baik dengan orang lain.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap positif apa saja yang ada dalam serial Bing dan bentuk tindak tutur positif nya dalam serial bing.
ANALISIS KARAKTER FLOP YANG BAIK UNTUK MEMBANTU PEMBENTUKAN KARAKTER DIRI PADA ANAK USIA DINI DALAM TAYANGAN CHANNEL YOUTUBE BING - BAHASA INDONESIA (JUDUL SESUATU UNTUK SULA + BAKAT) Lasmini; Fuaddilah Ali Sofyan
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakter Flop yang baik untuk membantu pembentukan karakter diri pada Anak Usia Dini dalam Tayangan Channel Youtube Bing - Bahasa Indonesia “Episode Ganda Sesuatu Untuk Sula + Bakat”. Hasil penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode deskriptif sebagai prosedur penelitian untuk menghasilkan data deskriptif berupa eksposur secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “analisi isi”. Sumber data utama untuk penelitian ini adalah film pada channel Youtube Bing. Pendidikan karakter anak usia dini melibatkan penanaman sikap terpuji yang sesuai dengan ajaran agama, sikap nasionalisme, masyarakat dan lingkungan sekitar anak, dan sikap terpuji untuk kemaslahatan kehidupan anak itu sendiri.
PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB) Vesi Tri Septiani; Retno wulandari; Esi Maharani; Alya Zakia
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang penyeleanggaraan Kelompok Bermain (KB) yang mencangkup pengertian dari kelompok bermain, ruang lingkup, landasan, persyaratan, manajemen pembelajaran, manajemen sarana dan prasarana. serta manajemen komponen pendukung seperti KTSP,pembelajaran,penilaian perkembangan anak,pendidik dan tenaga kependidi kan ,sarana dan prasarana,pengelolaan,dan pembiayaan.salah satu program pendidikan yang bersifat nasional adalah pendidikan kelompok bermain anak usia dini.dasar hukumnyaadalah undang-undang nomor 20 tahun tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional berbunyi kelompok bermain anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, kelompok bermain anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan,non formal,dan informal,kelompok bermain anak usia dini pada pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak,raudatul athfal (RA), bentuk lain yang sederajat,pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan non formal berbentuk kelompok bermain (KB) , taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat Selain itu hal yang memungkinkan untuk penyelenggara an kelompok bermain harus memperhatikan banyak hal seperti alokasi lembaga kelompok bermain atau keberadaan kelompok bermain, kualifikasi pendidik, lingkungan, serta landasan. Landasan sangat penting untuk dipahami agar lembaga kelompok bermain dapat terselengga ra dengan baik, karna landasan memberikan acuan untuk pendidik, kepala sekolan atau masyarakat yang ingin menyelenggarakan lembaga kelompok bermain, landasan selain memberikan acuan juga memberikan acuan pengelolaan kurikulum, merencanaan pembelajar an, menyelenggarakan proses pembelajaran, melakukan penilaian, menata administrasi, dan prasarana.Program kelompok bermain sekaran ini dirasa sangat penting dalam pembelajaran sebelum memasuki jenjang berikutnya karena anak dapat bereksplorasi sesuai dengan minat karakteristik anak masing-masing.pengelolaan dalam program kelompok bermain yang meliputi lima tahap yaitu tahap perencanaan ,tahap pengorganisasian ,tahap pelaksana an ,tahap pengawasan dan tahap evaluasi program.pengelolaan tersebut di bagi dalam sumber daya manusia,sarana dan prasarana ,pembiyaan, administrasi, dan pembelajaran
PENGELOLAAN KEUANGAN LEMBAGA KELOMPOK BERMAIN KB AMALIA Nurhasanah; Windi Miranti; Retno Wulandari
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan keuangan lembaga kelompok bermain KB merupakan sarana dan evaluasi terhadapseluruh sumber daya di lembaga berbagai secara terencana, teratur, serta efektif, efisien dan optimal agar dapat mencapai tujuan yang hendak dicapai. Kelompok bermain adalah salah satu bentuk sarana PAUD jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 2 sampai dengan 6 tahun dengan prioritas usia 3 dan 4 tahun teknis penyelenggaran kelompok bermain merupakan acuan minimal khususnya bagi para pengelola, penyelenggaran dan pendidik serta pembina program.Pembiayaan meliputi jenis, sumber, dan pemanfaatan, serta pengawasan dan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan lembaga Kelompok Bermain yang dikelola secara baik dan transparan. Pembiayaan dalam kelompok bermain mencakupYang bertujuan untuk mengetahui : (1) pengelolaan keuangan di KB Amalia; (2) pembiayaan di KB Amalia (3) penyelenggaran kelompok bermain (4) administrasi keuangan di kelompok bermain Amalia Dalam penelitian ini kami membatasi tentang pengelolaan Keuangan lembaga Kelompok Bermain yang mencakupi tentang pengertian pengelolaan keuangan, pembiayaan penyelenggaran kelompok bermain, pengelolaan administrasi keuangan kelompok bermain.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengelolaan keuangan pada kelompok bermain. Disini metode yang kami gunakan adalah pengumpulan data dimana kami mengumpulkan teori-teori dari beberapa sumber Hasil penelitian ini dapat mengetahui pengelolaan keuangan yang di kelola oleh administrasi keuangan pada kelompok bermain. Pada penelitian ini juga yang kami melakukan observasi dikelompok bermain Amalia guna melihat bagaimana proses pengelolaan keuangan yang digunakan atau dipakai oleh lembaga kelompok bermain Amalia tersebut, sehingga mengetahui proses administrasi dan pembiayaan yang ada di lembaga kelompok bermain yang bernama Amalia
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS DI SDN 2 MANDATI II WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI Lia Amelia
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III.A Sekolah Dasar Negeri 2 Mandati II Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dengan pendekatan media grafis. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan rata-rata nilai siswa 47,90 (cukup), ketuntasan individual hanya 5 siswa dan ketuntasan klasikal 15,15%; pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 65,20 (cukup), ketuntasan individual diperoleh 21 siswa dan ketuntasan klasikal 63,63% %; dan pada siklus II nilai rata–rata 81,15 (baik) dan ketuntasan klasikal adalah sebanyak 33 siswa atau 100%. Dengan demikian penggunaan media grafis berhasil atau dapat meningkatkan hasil belajar jasmani olahraga dan kesehatan siswa Kelas III.A Sekolah Dasar Negeri 2 Mandati II Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK DEMOKRASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KOMALA PAGI WAKATOBI Wa Mida
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah  untuk membentuk warga negara yang baik. Akan tetapi, para siswa beranggapan bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Pembelajaran PKn biasanya terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pun belum optimal. Demikian juga yang terjadi pada siswa kelas VI SD Negeri Komala Pagi  Wakatobi. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas di sekolah tersebut dengan siswa kelas VI sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran PKn materi pokok Demokrasi melalui model pembelajaran scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran scramble. aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran scramble, Pendidikan Kewarganegaraan.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII I DI SMP NEGERI 2 TOMIA, KABUPATEN WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA TAHUN AJARAN 2019/2022 ATI ASTUTI TAKA
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPS siswa setelah menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Tomia, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Tomia. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Tomia terhadap penerapan metode Role Playing. Dalam penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Tomia dengan jumlah 27 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil belajar IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini dengan metode observasi, metode tes, kuisioner dan wawancara. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut (1) aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan jumlah 405 nilai yang diperoleh siswa dengan rata-tara yang dicapai 15% terjadi peningkatan jumlah aktivitas yang diperoleh siswa pada siklus II dengan jumlah yang dicapai 560 nilai yang diperoleh siswa dengan rata 20%. Peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II adalah 155 nilai yang diperoleh siswa dengan rata-rata peningkatan mencapai 5%. (2) Hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 1915 dengan rata-rata 70% dan ketuntasan hasil belajar yang dicapai 48,15% pada siklus I. Terjadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada siklus II yakni dengan jumlah 2180 dengan rata-rata 80,74% dan ketuntasan hasil belajar yang dicapai 81,48%. (3) Hasil respons siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Role Playing terjadi pada siklus I, respons siswa terhadap penerapan metodel pembelajaran Role Playing yaitu 991 dengan pencapaian rata-rata 36,70%. Terjadi peningkatan respons siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Role Playing pada siklus II yaitu 1015 dengan pencapaian rata-rata 37,59%. Jumlah peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 24 dengan pencapaian rata-rata sebesar 0,89%. Berdasarkan hasil penelitian, maka jawaban dari hipotesis tindakan yaitu (1) Model pembelajaran Role Playing dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial meningkat tinggi. (2) Model pembelajaran Role Playing dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial meningkat tinggi.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KAHIANGA KECAMATAN TOMIA TIMUR KABUPATEN WAKATOBI ABDUL JALIL
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA kelas IV yang merupakan sekolah inti dan berprestasi namun memiliki hasil belajar yang masih dirasa kurang memuaskan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah group investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes formatif, lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada pelaksanaan tindakan siklus I terjadi perubahan peningkatan hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II. Dengan dilaksanakan tindakan menggunakan model group investigation pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar psikomotor melalui pengamatan kerja sama siswa. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar Afektif pada perilaku siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotor pada muatan pembelajaran IPA.
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TOMIA TAHUN AJARAN 2020/2021 SABRI
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni; 1) Bagaimana proses pembelajaran menggunakan media visual pada mata pelajaran IPS Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tomia, 2) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Tomia setelah menggunakan media visual. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yakni; 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media visual pada mata pelajaran IPS Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tomia, 2) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tomia setelah menggunakan media visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Teknik analisis data kualitatif ini digunakan untuk menganalisis data kinerja guru dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, Adapun rinciannya sebagai berikut: Hasil observasi kinerja guru dalam pembelajaran IPS menggunakan media visual terlaksana dengan baik dan terealisasi dengan angka pencapaian mencapai 50% pada siklus I. Sedangkan hasil observasi penilaian untuk kategori Sangat Baik mencapai prosentase 7.14%. kategori Baik mencapai prosentase 42.85%, kategori Cukup mencapai prosentase 50%, sedangkan kategori Kurang 0%. Hasil observasi kinerja guru dalam pembelajaran IPS menggunakan media visual terlaksana dengan baik dan terealisasi dengan angka pencapaian mencapai 100% pada siklus II. Sedangkan hasil observasi penilaian untuk kategori Sangat Baik mencapai prosentase 57.14%, dan kategori Baik mencapai prosentase 42.86%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMIA Sulastri M
JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research Vol 1 No 01 Juni (2022): JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research
Publisher : JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah strategi pembelajaran PQ4R. Rumusan masalah penelitian ini adalah "Apakah penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia Tahun Pelajaran 2018/2019?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PQ4R di kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama; hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran PQ4R di kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah rendah yaitu dari 21 siswa hanya terdapat 6 siswa atau 28,57% yang mencapai ketuntasan, sedangkan 15 siswa atau 71,43% lainnya memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata siswa sebesar 52,86. Kedua, hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa setelah penerapan strategi pembelajaran PQ4R di kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia Tahun Pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 persentae ketuntasannya adalah 47,62% dan masuk ke dalam ketegori rendah. Pada siklus 2 prosentase ketuntasannya adalah 71,43% dan masuk ke dalam kategori baik. Pada siklus 3 persentae ketuntasannya adalah 100% dan masuk ke dalam kategori baik. Ketiga, Penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia Tahun Pelajaran 2018/2019 setiap siklus sebesar 23,81%.