Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya sikap menghargai perbedaan pada diri siswa, yang kurangnya sikap menghargai ini menyebabkan rendahnya rasa percaya diri siswa. Hal ini Peneliti dapati pada pengamatan di lapangan siswa yang kurang menghargai temannya dengan tidak mendengarkan teman yang tampil di depan kelas. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini ialah Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa angket siswa mengenai sikap menghargai, yang diberikan pada setiap siklus, dan juga observasi pelaksanaan model pembelajaran kooperatif. Data yang terkumpul setiap siklus akan dianalisis, diuji, dideskripsikan dan ditarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Hasil Penelitian yang didapatkan peningkatan sikap menghargai siswa dilihat dengan berkurangnya nilai angket yang berisi pernyataan negatif terkait sikap menghagai perbedaan. Pada siklus 1 total nilai 395, pada siklus 2 total nilai 350, dan pada siklus 3 total nilai 301.
Copyrights © 2023