Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 7, No 2 (2023): Vol 7, No 2 (2023)

Pelatihan Pengambangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Blended Learning Menggunakan Media Pembelajaran Quizizz dan Mentimeter bagi Guru SMA di Kota Malang

Indah Nur Pramesti (Universitas Negeri Malang)
Endang Ciptawati (Universitas Negeri Malang)
Hadi Nur (Universitas Negeri Malang)
Sumari Sumari (Universitas Negeri Malang)
Farrel Hafiz Aldwinarta (Universitas Negeri Malang)
Putri Nanda Fauziah (Universitas Negeri Malang)
Tsalis Jauza Nareswari (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

E-learning yang dipadukan dengan pembelajaran konvensional merupakan definisi blended learning dan merupakan salah satu metode pembelajaran yang sering diterapkan pasca pandemi Covid-19. Blended learning disertai dengan media pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan layanan ini bertujuan untuk menarik guru agar terampil dalam menggunakan Quizizz dan Mentimeter, platform survei online dan presentasi interaktif. Hasil pelatihan menunjukkan respon positif dari peserta terhadap media pembelajaran yang direkomendasikan. Sebanyak 63% peserta menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat, 37% peserta menyatakan metode blended learning sangat efektif dilaksanakan pasca pandemi Covid-19, dan 56% peserta menyatakan penggunaan aplikasi media pembelajaran online Quizizz dan Mentimeter membantu dalam pelaksanaan blended learning.

Copyrights © 2023