Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol. 7 No. 02 (2023)

PEMBERDAYAAN USAHA "KREASI COKLAT" MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE DAN APLIKASI PENCATATAN PESANAN

Bambang Widagdo (Universitas Muhammadiyah Malang)
Sri Budi Cantika Yuli (Universitas Muhammadiyah Malang)
Zainal Arifin (Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Mitra dari kegiatan Program Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) ini adalah Ibu-ibu Kelompok Usaha Kreasi Coklat di Jalan Simpang Akordion 173 Tunggulwulung Lowokwaru, Kota Malang. Ketua Kelompok Usaha adalah ibu Elvi Kunaeni. Berdasar hasil survey yang dilakukan oleh Tim PIM terdapat dua permasalahan, yaitu belum mempunyai media pemasaran online dengan menggunakan media sosial dan saat menerima pesanan coklat masih menggunakan pencatatan manual. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemasaran, adalah pelatihan dan pendampingan tentang pembuatan pemasaran berbasis media sosial yang sesuai dengan karakteristik usaha Kreasi Coklat dan pelatihan yang dilakukan harus dapat digunakan secara berkelanjutan. Pelatihan meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran produk dan pemasaran online berbasis teknologi informasi melalui media sosial. Permasalahan pencatatan pesanan/orderan yang masih menggunakan cara manual, solusi yang ditawarkan adalah pelatihan dan pendampingan  tentang pemanfaatan Aplikasi Pencatatan Pesanan, yaitu Aplikasi Catat Order. Metode kegiatan yang akan dilakukan oleh Tim PIM adalah pelatihan dan pendampingan pada mitra. Pelatihan dan pendampingan meliputi : strategi pemasaran online melalui media sosial, pendampingan pembuatan rancangan strategi pemasaran untuk Kelompok Ibu Rumah Tangga Pemilik Usaha Kreasi Coklat, dan pelatihan pemanfaatan Aplikasi Pencatatan Pesanan “Catat Order”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...