Tujuan penelitian ini untuk menggali informasi sejauh mana langkah perencanaan, seperti apa proses pelaksanaan, bagaimana tahapan evaluasi, apa saja faktor penghambat, dan pendorong dalam upaya untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Lingkup atau tingkat peserta didik yang diteliti dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan (descriptive research) penelitian deskriptif. Tujuan penelitian deskriftif untuk mendeskripsikan tentang suatu fenomena atau keadaan tanpa direkayasa dan dibuat-buat. Artinya, mendeskripsikan kondisi tentang suatu hal apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukan telah dilakukannya perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dam diketahui faktor penghambat dan pendorong dalam pengembangan kreativitas peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menjadi rujukan bagi peneliti lainnya di masa mendatang dalam kajian manajemen pembinaan kesiswaan tingkat SMK di Indonesia.
Copyrights © 2023