RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 231 JAKARTA

Riani Hasanah Putri (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Asni Asni (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan motivasi belajar siswa yang rendah, hal tersebut dapat dilihat selama proses pembelajaran di kelas siswa tidak aktif dan tidak memperhatikan penjelasan guru di kelas. Dalam proses belajar, guru perlu memperhatikan kondisi siswa agar membuat pembelajaran yang bertahan lama. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman melalui bimbingan kelompok dan menampilkan model sebagai contoh perilaku yang akan ditiru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan quasy eksperimen dengan jenis desain one group pretest-posstest. Populasi penelitian siswa kelas VIII-H SMP Negeri 231 Jakarta, peneliti menggunakan sebanyak 10 siswa untuk kelompok eksperimen berdasarkan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen angket dengan skala likert. Hasil penelitian skor pretest memperoleh rata-rata sebesar 114,5 dan possttest memperoleh rata-rata sebesar 135,5. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 21. Disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...