RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN EMPATI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN FILM ANIMASI NUSSA PADA KELOMPOK B DI TK AL-ISHLAH KOTA BEKASI

Masnah Masnah (Universitas Panca Sakti Bekasi)
Nina Yuminar Priyanti (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Kondisi awal menunjukan bahwa empati Kelompok B.3 di TK Al-Ishlah Kota Bekasi belum berkembang dikarenakan terbatasnya media pembelajaran dan guru belum memanfaatkan penggunaan laptop yang ada disekolah, sehingga Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bekerjasama dengan guru kelompok B.3 dengan subjek penelitian 11 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan menggunakan model Kurt Lewin, observasi dan dokumentasi sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil Penelitian Pra Siklus sebanyak 3 anak yang kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (27,27%), Siklus I sebanyak 6 anak yang kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (54,54%), Siklus II sebanyak 9 anak yang terdiri dari 1 anak mencapai kategori Berkembang Sangat baik (BSB) dan 8 anak yang mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (81,81%), sehingga dapat disimpulkan bahwa film animasi Nussa dapat meningkatkan empati anak kelompok B di TK Al-Ishlah Kota Bekasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...