SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 7, No 3 (2023): September

UPAYA PENINGKATAN OMSET SALE ROLL NAZARIO SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DAERAH CIKALONGKULON KABUPATEN CIANJUR

Halimah Halimah (Universitas Suryakancana)
Erwan Setiawan (Universitas Suryakancana)
Asep Saepulah (Universitas Suryakancana)
Jaenudin Darwati (Universitas Suryakancana)
Aisah Aisah (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2023

Abstract

ABSTRAKSale Roll Nazario merupakan salah satu produk unggulan kecamatan Cikalongkulon karena memiliki keunikan tersendiri. Meskipun sudah 10 tahun produksi, produk Sale Roll Nazario belum mampu menembus pasar nasional. Kondisi tersebut disebabkan oleh 1) belum terpenuhinya persyaratan edar nasional, 2) kemasan yang tidak menarik, 3) proses pembuatan sale masih bergantung pada cuaca, 4) baru membuat 1 varian, 5) sistem pemasaran yang masih konvensional. PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdomisili di Cikalongkulon Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat melalui kegiatan penyuluhan menggunakan prosedur: 1) identifikasi masalah, 2) perencanaan program, 3) implementasi program, dan monitoring program. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat telah diedukasi tentang 1) pemenuhan persyaratan edar nasional. Di antaranya cara memiliki PIRT, memiliki sertifikat Halal, dan informasi kadaluarsa, 2) cara membuat kemasan yang menarik, 3) membuat berbagai varian, 5) mengubah sistem pemasaran konvensional menjadi digital. Kata Kunci: omset; peningkatan; penyuluhan; UMKM; ABSTRACTSale Roll Nazario is one of the superior products of the Cikalongkulon sub-district because it has its own uniqueness. Even though it has been in production for 10 years, the Sale Roll Nazario product has not been able to penetrate the national market. This condition was caused by 1) the national distribution requirements had not been met, 2) the packaging was unattractive, 3) the sales process was still dependent on the weather, 4) only 1 variant had been made, 5) the marketing system was still conventional. This PKM was carried out with the aim of educating one of the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) domiciled in Cikalongkulon, Cianjur Regency, West Java Province through counseling activities using the following procedures: 1) problem identification, 2) program planning, 3) program implementation, and program monitoring. The results of the service show that the community has been educated about 1) fulfilling national distribution requirements. Among them are how to have a PIRT, have a Halal certificate, and expire information, 2) how to make attractive packaging, 3) make various variants, 5) change the conventional marketing system to digital Key words: education; increasing; turnover; MSME

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...