Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan yang ada diIndonesia karena Indonesia merupakan negara basis multikultural yang didalamnya terdapat beragam agama, suku, ras, budaya, dan nilai-nilai sosial keagamaan yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran PPKn Kelas V di SDN Manguharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manguharjo Kabupaten Madiun terkhusus di kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah-langkah yaitu reduksi data, data display, dan Conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pada penelitian ini jumlah informan yang akan diteliti, dimana Kepala Sekolah, guru kelas V dan 4 Siswa. Peneliti ingin mengetahui proses Pendidikan yang berjalan di SDN Manguharjo dalam Penerapan Pendidikan Multikultural dan peneliti cukup mengetahui kondisi lokasi penelitian sehingga dapat memudahkan peneliti dalam penelitian dan mendapatkan data yang dibutuhkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk penerapan pendidikan multikultural pada mata pelajaran PPKn kelas IV dapat dilihat dari pengintegrasian setiap kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Selain itu guru juga mengintegrasikan pendidikan karakter melalui kegiatan spontan yang dilakukan siswa ketika pembelajaran. 2) Dalam implementasi pendidikan multikultural pada mata pelajaran PPKn tema lingkungan sahabat kita terdapat nilai yang diajarkan meliputi toleransi, demokrasi, menghargai prestasi, kemanusiaan, serta menerima keragaman.
Copyrights © 2023