Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 4 (Oktober 2023)

Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Jenjang Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Fatonah Salfadilah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Yusuf Rendi Wibowo (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Muhamad Supriadi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Maulina Amanabella (Universitas Muhammadiyah Metro)
Uswatun Hasanah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Fildza Malahati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Kurangnya partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran siswa menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Pada kenyataannya, orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap seberapa baik siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana orang tua dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan Systematic Literature Review (SLR) digunakan dalam penelitian ini untuk mencari, menelusuri, dan menilai hasil yang relevan dengan topik penelitian. Evaluasi menyeluruh terhadap penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua memainkan peranan penting dalam seberapa baik siswa belajar. Ada beberapa hal yang orang tua dapat lakukan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan belajarnya, seperti memberikan bantuan belajar di rumah, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya, memberikan motivasi agar siswa tertarik belajar, memberikan pengetahuan yang berguna bagi siswa, dan menyediakan sarana belajar yang cukup. Namun, orang tua menghadapi sejumlah tantangan ketika mencoba mengarahkan pembelajaran anak-anak mereka. pertama, tingkat pendidikan orang tua yang berbeda-beda. Kedua, berkurangnya waktu orang tua untuk mendampingi anak belajar karena padatnya jadwal. Ketiga, ketidaksabaran orang tua dalam mendidik anak di rumah. Keempat, kesulitan orang tua untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Kelima, keterbatasan fasilitas. Keenam, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan teknologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...