Kurangnya partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran siswa menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Pada kenyataannya, orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap seberapa baik siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana orang tua dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan Systematic Literature Review (SLR) digunakan dalam penelitian ini untuk mencari, menelusuri, dan menilai hasil yang relevan dengan topik penelitian. Evaluasi menyeluruh terhadap penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua memainkan peranan penting dalam seberapa baik siswa belajar. Ada beberapa hal yang orang tua dapat lakukan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan belajarnya, seperti memberikan bantuan belajar di rumah, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya, memberikan motivasi agar siswa tertarik belajar, memberikan pengetahuan yang berguna bagi siswa, dan menyediakan sarana belajar yang cukup. Namun, orang tua menghadapi sejumlah tantangan ketika mencoba mengarahkan pembelajaran anak-anak mereka. pertama, tingkat pendidikan orang tua yang berbeda-beda. Kedua, berkurangnya waktu orang tua untuk mendampingi anak belajar karena padatnya jadwal. Ketiga, ketidaksabaran orang tua dalam mendidik anak di rumah. Keempat, kesulitan orang tua untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Kelima, keterbatasan fasilitas. Keenam, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan teknologi.
Copyrights © 2023