Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
2015: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan

MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Sihotang, Ijah Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris tentang upaya peningkatan hasil belajar jurnal khusus dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw . penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa dalam mata pelajaran akuntansi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan Instrument tes. Desain penelitian dirancang dengan melakukan pre tes  dan memberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran model Jigsaw dan akhir pembelajaran diberi postes  Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan hanya satu siklus. Penerapannya  dilaksanakan pada mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan akuntansi yang  berjumlah 39 orang . Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar jurnal khusus ini dapat dilihat nilai pretes yang didapat  rata-rata sebesar 60,13 sedang hasil postes diperoleh rata-rata 81,6.  Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dan penerapan model pembelajaran Jigsaw juga dapat memotivasi  mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.  ABSTRACT This study aims to examine empirically about efforts to improve learning outcomes by applying a special journal learning model Jigsaw. The background of this research by the low ability students in accounting subjects. In the researchers used a data collection instrument tests. The study design was designed to do a pre-test and provide treatment by applying the learning model Jigsaw model and the end of the lesson given postes This study is a Class Action made only one cycle. Its application is carried out on students FKIP Prodi accounting Education totaling 45 people. Based on the results of the study revealed that the study results with the application of Jigsaw learning model can improve the learning outcomes of this particular journal can be seen pretest value obtained an average of 60.13 was the result postes gained an average 81.6. This figure shows a significant improvement and application of learning models Jigsaw can also motivate students to be more active in learning. Kata kunci: Model, Pembelajaran, Jigsaw, Hasil Belajar

Copyrights © 2015