Proses belajar mengajar dengan penggunaan media dan model pembelajaran belum maksimal. Keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran masih kurang, peserta didik belum terlatih menemukan solusi atau berpikir kreatif untuk memecahkan masalah, peserta didik kaku dalam berbagi hasil diskusi/presentasi, peserta didik bersikap acuh tak acuh terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan perbedaan model kooperatif TPS berbantuan media chemistry comic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan redoks kelas X di SMA Negeri 1 Langowan tahun ajaran 2022/2023 Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Sampel yaitu kelas X-f terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan X-g terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik Uji-T pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil Thitung = 8,69 > Ttabel = 2,00. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model kooperatif TPS berbantuan media chemistry comic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023