Penelitian ini tujuannya mencari tahu efektivitas model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kakas. Dalam penelitian ini, peneliti gunakan metode kuantitatif pre eksperiment dengan desain one group pretest-posttest design. di awal pembelajaran siswa diberikan pretest sesudah itu diterapkan model pembelajaran RADEC serta pada akhir pembelajaran siswa diberikan posttest. Data penelitian ini yakni kelas XI MIPA 1 yang diambil secara acak yakni melalui teknik cluster random sampling dengan jumlah siswa 26 orang. Adapun untuk analisis data penelitian ini yang digunakan sebagai uji prasyarat yakni uji normalitas. Sesuai hasil penelitian yg diperoleh melalui hasil belajar (pretest-posttest) menunjukkan bahwa sampel tersebut berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test di taraf nyata α= 0,05 didapatkan thitung = 24.364, ttabel= 2.059. Jadi, karena thitung > ttabel, bisa disimpulkan buat tolak H0 dan terima H1. Dari hasil perhitungan N-gain Score di dapatkan nilai = 0,564 yang tergolong kriteria sedang serta persentase efektivitas =56.4% yang termasuk kriteria cukup efektif. Oleh karena itu, diberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran RADEC efektif terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Kakas.
Copyrights © 2023