Penilitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan dua travel penyelengara travel haji dan umrah yang memiliki peminat jamaah yang banyak di Mataram. Dua travel itu adalah PT. Mahisa Mataram dan PT. Muhsinin Mataram. Mahisa yang berdiri pada tahun 2021 mampu memperoleh 380 jamaah pada tahun 2022 sedangkan Muhsinin berdiri pada tahun 2014 sebagai provider visa satu-satunya di NTB dan memperoleh jamaah pada tahun 2022 ini sebanyak 556. Keberhasilan kedua travel menarik jamaah tidak terlepas dari manajemen strategis yang baik terutama dalam manajemen operasional, pelayanan dan pemasaran. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Strategis (manajemen operasional, pelayanan dan pemasaran PT. Mahisa Mataram dan PT. Muhsinin Mataram) dan Komparasi manajemen operasional, pelayanan dan pemasaran PT. Mahisa Mataram dan PT. Muhsinin Mataram. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan jenis penelitian kulitatif yang bersifat komparatif dengan menggunakan data primer dan sekunder yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ternyata di kedua travel secara keseluruhn memiliki manajemen strategis yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen strategis mulai dari manajemen operasional, manajemen pelayanan dan manajemen pemasaran. Namun yang membedakan adalah cara pelayanan, fasilitas dan seberapa sering dari kedua travel memberangkatakan dalam sebulan.
Copyrights © 2023