Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 8 No 3 (2023)

Pelaksanaan Accounting Keuangan Melalui Sistem Informasi Manajemen Keuangan (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Syamsul Arifin (universitas muhammadiyah ponorogo)
Adib Khusnul Rois (universitas muhammadiyah ponorogo)
Khoirul Arifah (universitas muhammadiyah ponorogo)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Pelaksanaan Accounting Keuangan Melalui Sistem Informasi Manajemen Keuangan Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai salah satu perguruan tinggi swasta Unggulan di Jawa Timur terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lembaganya, baik dari segi mutu akademik maupun non akademik. Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah pada aspek pengelolaan keuangan. Analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses pembukuan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo berbasis sistem keuangan terpadu (SIMKEU). Untuk melihat keunggulan dari sistem akan diuraikan sebagai berikut: a) sistem ini meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas pelaporan anggaran yang terjadi selama periode tertentu; b) membantu transparansi penggunaan dana dengan laporan bulanan yang tertata dengan rapi dan jelas; c) ketepatan sistem SIMKEU dalam pencatatan transaksi yang ada; 4) pencatatan sistem yang menghindarkan adanya dobel anggaran, pendanaan anggaran yang belum terprogram, serta penyalahgunaan dana yang ada; dan 4) kemudahan mahasiswa dalam melakukan transaksi keuangan dan untuk mengetahui transaksi apa saja yang terjadi melaku Sistem Informasi Akademik. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...