JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 9, No 2 (2023)

FAKTOR FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN EVALUASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA TANGERANG

dwika sukma dewi (Universitas Negeri Jakarta)
Lani Cahyani (universitas negeri jakarta)
zulfa saleh (universitas negeri jakarta)
nailusyar fiah (universitas negeri jakarta)
suprianto baen (universitas negeri jakarta)
aip badrujaman (universitas negeri jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Evaluasi program bimbingan adalah usaha menilai efisiensi dan efektivitas pelayanan bimbingan itu sendiri, khususnya seluruh kegiatan dalam rangka program bimbingan yang dikelola oleh staf bimbingan (Winkel & Hastuti, 2005). Evaluasi pelaksanaan bimbingan merupakan kegiatan menilai keberhasilan layanan dalam bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir (Thantawy, 1995). Untuk menilai suatu keberhasilan maka diperlukan evaluasi program. Menurut Myrick (Badrujaman, 2011) bahwa lima alasan yang menjadi faktor penghambat guru pembimbing tidak melakukan evaluasi program bimbingan dan konseling tidak melakukan evaluasi meliputi: (1) Guru bimbingan dan konseling tidak memiliki cukup waktu melakukan evaluasi program bimbingan dan konseling. (2) Guru bimbingan dan konseling kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan evaluasi program  bimbingan dan konseling. (3) Adanya ketakutan guru bimbingan dan konseling terhadap akuntabilitas. (4) Guru bimbingan dan konseling tidak merasa bermasalah kalau tidak melaksanakan evaluasi program bimbingan dan konseling. (5) Guru bimbingan dan konseling berpersepsi bahwa hasil evaluasi program sulit diukur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...