JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat)
VOL. 7 NOMOR 2 SEPTEMBER 2023 JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat)

Kegiatan Membangun Masyarakat Berwawasan Digital di Desa Melung oleh IT Telkom Purwokerto

Kholidiyah Masykuroh (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Ummi Athiyah (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Irmayatul Hikmah (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Pandemi COVID-19 melanda Indonesia melumpuhkan berbagai sektor masyarakat, geliat kembali bangkit dari keterpurukan sudah mulai terasa di berbagai daerah di Indonesia. Dengan semangat bangkit bersama IT Telkom Purwokerto beserta jajarannya bermaksud untuk memberikan pelatihan dan pendampingan berkaitan dengan teknologi.  Tema yang diambil untuk kegiatan pengabdian masyarakat adalah Internet Masuk Desa. Desa Melung sudah memiliki kedekatan sebagai desa binaan IT Telkom Purwokerto. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk membantu perbaikan infrastruktur jaringan internet dan memberikan sosialisasi. Kegiatan ini diawali dengan inisiasi kerjasama ke Desa Melung, survei kondisi internet di sana, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi. Desa Melung berada cukup jauh dari pusat Kota Purwokerto, tepatnya dibawah kaki Gunung Slamet. Letak geografis ini menyebabkan terbatasnya akses internet. Desa Melung hanya memiliki satu pemancar seluler. Berdasarkan dari hasil survei yang dilakukan terhadap 11 warga di Balai Desa Melung diperoleh penataan jaringan WiFi dan juga perangkat yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari masih belum sesuai. Adanya Kegiatan ini diharapkan dapat membantu perbaikan infrastruktur dan juga memberikan wawasan teknologi kepada masyarakat Desa Melung sehingga taraf hidup masyarakat di desa tersebut dapat meningkat. Hasil dari survey didapatkan bahwa untuk tipe jaringan internet yang digunakan 73% menggunakan kuota, untuk lama penggunaan internet 55% peserta menyatakan kurang dari 8 jam dimana 46% peserta menggunakan internet untuk keperluan jualan, 64% peserta menganggap internet itu penting, untuk kebutuhan peningkatan kecepatan internet 64% peserta menganggap perlu dilakukan peningkatan, dan 91% peserta menyatakan puas dalam mengikuti kegiatan sosialisasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) diterbitkan oleh Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, ...