GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 7 No. 2 (2023): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Strategi Branding dan Pemasaran Kopi Robusta Produksi Petani di Desa

Muhammad Fauzan Isma (Universitas Samudra)
Seprianto Seprianto (Universitas Samudra)
Nasrul Kahfi Lubis (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Desa Sembuang memiliki lahan tanam kopi Robusta terluas di Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Namun, saat ini perhatian masyarakat Desa Sembuang terhadap kopi menurun, sehingga sebagian kebun kopi tidak terurus. Hal ini dikarenakan mutu pengemasan kopi yang rendah dan penjualan yang masih terbatas. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani dalam melakukan pemasaran dan branding. Branding dilakukan dengan merek dagang, modernisasi pengemasan menggunakan standing pouch, dan pemasaran menggunakan media sosial. Metode yang digunakan pada pengabdian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi. Luaran pengabdian ini adalah pengembangan produk kopi robusta dari sesi pengemasan dan pemasaran serta peningkatan pengetahuan mitra tentang pengemasan sebesar 45% dan pemasaran sebesar 42%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gervasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang ...