Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 2 (2023)

Kepuasan Pelanggan pada Hotel Comforta Dumai

E. Maznah Hijeriah (STIA Lancang Kuning Dumai, Riau. Email)
Dila Erlianti (Unknown)
Sopyan Sopyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Hotel merupakan sebuah solusi penting bagi masyarakat yang sering berpergian atau melakukan kegiatan di kota lain dan memerlukan tempat menginap. Hotel Comforta Dumai menjadi wujud pemenuhan kebutuhan akan jasa hotel di Kota Dumai. Hotel Comforta menyediakan akomodasi dan pelayanan profesional dengan fasilitas yang lengkap dengan mengedepankan kenyamanan konsumen serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Hasil observasi ditemukan kurang tercapainya target penjualan dan masih tingginya harga produk yang ditawarkan oleh Hotel Comforta Dumai. Penelitian menggunakan pendapat Lupiyoadi (2001) melihat kepuasan pelanggan melalui kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan biaya. Sampel pada penelitian ini sejumlah 100 orang, Teknik pengambilan sampel karyawan menggunakan sampling jenuh dan untuk pelanggan menggunakan sampling insidental. Teknik pengumpulan data wawancara dan angket. Analisa data menggunakan metode statistik deskriptif. Temuan penelitian berada pada kategori puas. Faktor pendukung ialah terdapatnya kualitas produk dan kualitas pelayanan, sedangkan faktor penghambat kurangnya kesesuaian harga dan kurangnya faktor emosional. Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Hotel, Layanan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...