Materi sistem koloid merupakan materi yang dipelajari di kelas XI SMA/MA pada semester genap. Hasil wawancara beberapa guru kimia di MAN 1 Kota Padang menyatakan bahwa bahan ajar pada materi sistem koloid cenderung berpusat pada pendidik dan hanya menampilkan 2 dari 3 level representasi kimia, sehingga peserta didik cenderung pasif. Materi sistem koloid bersifat faktual dan teoritis, oleh karena itu diperlukannya media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji tingkat keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai n-gain yang tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor sedang. Keputusan pada uji hipotesis yaitu H0 ditolak. Berdasarkan analisis data tersebut artinya penggunaan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023