JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
Vol 14, No 1 (2023)

FENOMENA BEKERJA DI COWORKING SPACE PADA ERA DIGITAL

Aminah Swarnawati (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Agus Hermanto (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Istisari Bulan Lageni (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian mengenai ruang kerja bersama ini dilatarbelakangi oleh maraknya ruang kerja bersama di seputar Jakarta dan Tangerang Selatan dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Fenomena ini menarik, karena merupakan gejala baru dari cara bekerja orang-orang pada masa kini, khususnya pekerja milenial. Kehadiran coworking space beriringan dengan munculnya stars up. Tujuan dari penelitian adalah: 1) Mengidentifikasi tipe-tipe Coworking Space 2) Menganalisis nilai-nilai yang ada pada coworking space. dan 3) Menganalisis nilai-nilai dalam coworking space. Konsep dan teori yang mendukung adalah mengenai tipe-tipe coworking space dan nilai-nilai yang ada pada coworking space yang berkaitan dengan pentingnya komunikasi dan kolaborasi.  Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan tiga orang informan dan dua informan pembanding sebagai triangulasi sumber, serta teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe yang paling sering dijumpai adalah tipe infrastruktur dan jaringan dan Model coworking space yang banyak dikenal adalah model kolaborasi internal (internal collaboration  Nilai-nilai Dalam nilai-nilai CWS, Keenam unsur nilai-nilai ada dalam CWS, sangat bergantung pada kebutuhan dan waktu dari para coworkers pada saat bekerja di CWS. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political ...