Jurnal Ekonomi Efektif
Vol 6, No 1 (2023): JURNAL EKONOMI EFEKTIF

PT. CIMB Niaga TBK. Bersaing Menjadi Pemenang Pemasaran KPR Syariah: Sebuah Tinjauan Stratejik

Marissa Grace Haque (Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia)
Siham Madihah (Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia)
Santi Rimadias (Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia)
Hadiah Fitriah (Indonesia Banking School, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2023

Abstract

Pasca pandemi COVID19, sektor perumahan pada kuartal ketiga tahun 2020, mulai pulih setelah. KPR iB (Kredit kepemilikan rumah syariah) adalah bisnis yang rentan mengalami pasang surut. Pasca pandemi, kondisi persaingan antar lembaga keuangan yang bergerak di bidang yang sama, menjadi sangat ketat.  Diperlukan inovasi dengan menciptakan produk KPR iB yang mudah diterima pasar, Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui posisi aktor dan faktor, sisi kompetitifnya ditentukan melalui uji Matriks IE pada kuadran (sel IV), pada strategi pertumbuhan konsentrasi berdasarkan integrasi horizontal. Hasil dan diskusi berfokus pada: (1) kemampuan bersaing; (2) kekuatan; (3) kelemahan; (4) peluang; dan (5) ancaman. Dalam hal ini, P.T Bank CIMB Niaga Tbk harus menerapkan strategi sebagai berikut: (1) penetrasi pasar; (2) pengembangan pasar; dan (3) strategi integrasi horizontal, selain pengembangan inovasi kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Efektif (JEE) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di ...