Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 8, No 1 (2023)

Penyuluhan Strategi UMKM Ibu PKK Desa Pasir Penjengakan Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial

Sabitah Sabitah (Universitas Gunung Leuser)
Lusi Tutur Mulia (Universitas Gunung Leuser)
Roezaini Soefi (Universitas Gunung Leuser)
Rila Maufira (Universitas Gunung Leuser)
Muridha Hasan (Universitas Gunung Leuser)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penyuluhan adalah suatu kegiatan mendidik sesuatu kepada individu ataupun kelompok, memberi pengetahuan, informasi-informasi dan berbagai kemampuan agar dapat membentuk sikap dan perilaku hidup yang seharusnya. Hakekatnya penyuluhan merupakan suatu kegiatan nonformal dalam rangka mengubah masyarakat menuju keadaan yang lebih baik seperti yang dicita-citakan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di desa Penjengakan, dengan target utama ibu-ibu PKK. Kegiatan utama dalam pengabdian masyarakat ini adalah penyuluhan dan desain label kemasan. Isi penyuluhan terdiri dari perencanaan produksi, strategi marketing, dan cara membuat akun bisnis serta memasarkannya melalui media sosial. Penyuluhan strategi pengembangan dalam pemasaran produk UMKM di era digital yang telah dilakukan di desa ini sangat penting bagi pelaku UMKM agar dengan pemanfaatan media sosial, pelaku UMKM dapat memperoleh keuntungan yang lebih, mereka juga dapat melakukan komunikasi secara intens dengan pelanggan karena sebagian masyarakat yang kini cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menggeluti media sosial, sehingga pelaku UMKM dapat berpeluang memenuhi capaian target pemasaran produk mereka sekaligus dapat menyelamatkan atau bahkan meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat

Copyrights © 2023