Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 3 No 2 (2023): Agustus 2023

LZ PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK GAMBAR PADA MATERI MENYAJIKAN DRAMA DALAM BENTUK PENTAS ATAU NASKAH KELAS VIII SMP SWASTA IDANOI

Lenti Fenni Darniat Zega (Universitas Nias)
Imansudi Zega (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Pada kegiatan proses pembelajaran, seorang guru diharapkan dapat menciptakan suatu hal baru yang bisamenimbulkan semangat para siswa dalam belajar dengan menyediakan alat bantu atau media. Tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk gambar pada Materi Menyajikan Drama dalam BentukPentas atau Naskah yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (researchand development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu define(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dissiminate (penyebaran). Media pembelajarandalam bentuk gambar yang dikembangkan melalui tahap uji validitas oleh tiga validator (ahli materi, ahli bahasa, danahli desain), uji perseorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan yang dilakukan di kelas VIII-b SMP Swasta Idanoi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran komik telah teruji valid dan layak oleh validatorahli materi 98,39%, validator ahli bahasa 100%, dan validator ahli desain 100%. Kepraktisan media pembelajarankomik pada uji perseorangan sebesar 90%, uji kelompok kecil sebesar 90%, dan uji lapangan sebesar 95,5% dengankategori sangat praktis. Efektivitas media pembelajaran telah teruji sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikalmencapai 86,25%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka media pembelajaran dalam bentuk gambar yang telahdikembangkan dengan model 4-D telah memenuhi harapan dan tujuan penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...