Media pembelajaran berbasis permainan edukasi merupakan salah satu media yang amat sangat penting digunakan dalam pembelajaran dikarenakan lebih interaktif dan menarik. Siswa bisa melaksanakan dua kegiatan sekaligus yaitu belajar dan bermain dalam satu waktu. Selain itu, menjadikan siswa lebih aktif di kelas. Kegiatan belajar seperti ini sangat dibutuhkan oleh siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli pintar berbasis permainan edukasi pada mata pelajaran IPA Kelas V SD dan telah diuji kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Angket terdiri dari angket validasi media, validasi materi, respon siswa, dan respon guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas V SDN 31 Cakranegara. Kelayakan media monopoli pintar diukur berdasarkan hasil penilaian validasi media dan validasi materi yang dilakukan pada tahap development. Sedangkan kepraktisan media monopoli pintar diukur berdasarkan hasil respon siswa dan respon guru yang dilakukan pada tahap implementation. Adapun hasil validasi memperoleh persentase 99% untuk validasi media, dan persentase 94% untuk valdasi materi. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 89%, respon siswa kelompok besar memperoleh persentase 92%, dan respon guru memperoleh persentase 90%. Berdasarkan data hasil tersebut menunjukkan bahwa media monopoli pintar berbasis permainan edukasi sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA Kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2023