Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor

Nurlaili Nurlaili (Universitas Mataram)
Mohammad Liwa Ilhamdi (Universitas Mataram)
Fitri Puji Astria (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

Literasi sains menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikuasi oleh peserta didik pada abad 21 dikarenakan banyaknya gebrakan baru atau temuan baru yang bermunculan pada abad 21. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2015 dan 2018 menunjukkan bahwa literasi sains Indonesia tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Sukarara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif berupa persentase dan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Siswa dalam kategori tinggi termasuk ke dalam tingkatan literasi sains konseptual (Conceptual Scientific Literacy). (2) Siswa dalam kategori sedang termasuk ke dalam tingkatan literasi sains fungsional (Functional Scientific Literacy). (3) Siswa dalam kategori rendah termasuk ke dalam tingkatan literasi sains nominal (Nominal Scientific Literacy). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Sukarara berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah berada dalam tiga tingkatan, yakni tingkatan literasi sains konseptual, tingkatan literasi sains fungsional, dan tingkatan literasi sains nominal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...