Salah satu program unggulan di SMP ABSM yang memiliki keterlibatan dalam penerapan pendidikan karakter disiplin ialah program Tahfidzul Qur’an. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis proses penerapan Pendidikan karakter disiplin santri melalui program tahfidzul Qur’an. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahap yaitu, proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kegiatan tahfidzul Qur’an dilaksanakan pukul 06.10-07.20 WIB. Setoran hafalan dari masing-masing santri minimal setengah halaman tiap harinya. Adapun rutinitas dalam kegiatan tahfidzul Qur’an di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang dapat membentuk karakter disiplin santri, sebagaimana terlihat dari santri yang menaati peraturan, datang di tempat tahfidz tepat waktu, menghafal dan menyetorkan hafalannya sesuai target harian, serta tidak lupa merapikan dan membersihkan tempat tahfidz setalah digunakan.
Copyrights © 2023