Pendidikan karakter dapat menanamkan nilai-nilai luhur dalam diri peserta didik, karenanya penting untuk mengimplementasikan Pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah salah satunya melalui pengintegrasian Pendidikan karakter dalam pelajaran PPKn. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat seperti apa implementasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn, penelitian ini berlokasi di SMPN 1 Batulayar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan Teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn berbasis pendidikan karakter di SMPN 1 Batulayar dilakukan dengan menjalankan pembelajaran yang dapat menanamkan karakter positif dalam diri peserta didik seperti tanggung jawab, nasionalisme, jujur, percaya diri, sopan santun dan religius, secara umum pembelajaran terdiri dari tiga tahapan. Pertama, tahap perencanaan pembelajaran dengan penyusunan RPP, LKPD, buku siswa, dan media pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan pembelajaran dengan berdoa bersama, yel-yel, lagu nasional, apersepsi, mengamati materi, bertukar informasi, latihan soal, menyimpulkan, dan mendiskusikan materi. Terakhir, tahap evaluasi pembelajaran dengan penilaian hasil belajar siswa secara kognitif dan afektif. Selain itu, keberhasilan proses pembelajaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, seperti kebijakan sekolah, sarana, prasarana, dan pengaruh lingkungan keluarga yang positif. Namun, ada juga faktor penghambat, seperti masalah internal siswa, transportasi, dan lingkungan sekolah.
Copyrights © 2023