Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November (In Progress)

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Konten Berbantuan Media Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Pelajaran PPKn di MTsN 4 Lombok Tengah

Sukron Makmun (Universitas Mataram)
M. Ismail (Universitas Mataram)
Bagdawansyah Alqadri (Universitas Mataram)
Edy Herianto (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Sekolah merupakan salah satu wadah bagi masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan formal yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran guna menghasilkan lulusan yang baik. Hasil belajar merupakan salah satu informasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai konten pembelajaran yang telah dipelajari. Hasil belajar yang diperoleh siswa bergantung pada bagaimana guru menyampaikan konten pembelajaran pada siswa di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh pembelajaran berdiferensiasi konten berbantuan media teknologi terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data nilai rata-rata hasil pre-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 35,36 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 34,82. Sedangkan data nilai rata-rata hasil post-test pada kelas ekskperimen diperoleh sebesar 78,21 dan kelas kontrol diperoleh sebesar 62,86. Sehingga pada perhitungan uji t-test dengan rumus polled varians menunjukan hasil  = 7,865 dan  = 2,052. Dengan demikian > maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi konten berbantuan media teknologi terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada pelajaran PPKn di MTsN 4 Lombok Tengah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...