Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Multidisiplin

Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dalam mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Hastiani Hastiani (IKIP PGRI Pontianak, Indonesia)
Hendra Sulistiawan (IKIP PGRI Pontianak, Indonesia)
Mudafiatun Isriyah (Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka bertujuan mengembangkan karakter pelajar Pancasila, sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila dan enam dimensi P5. Kebijakan untuk melaksanakan project besar ini berbasis pad acara berpikir tumbuh (growth mindset) bukan berfikir tetap (fixed mindset) yakni menekankan pada proses bukan hanya hasil akhir. Salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan P5 kurikulum merdeka di sekolah adalah mengkolaborasikan dan berkomunikasi dengan orang tua siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada orang tua agar menyadari peran sebagai mitra sekolah untuk mendukung pelaksanaan P5 Kurikulum Merdeka. Selain itu, sosialisasi bertujuan menyadarkan orang tua tentang cara memberikan kemerdekaan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam sosialisasi Fokus grup diskusi (FGD) bersama orang tua di Desa Ngarak, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak. Hasil yang diperoleh setelah sosialisasi ini, orang tua menyadari pentingnya kegiatan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua untuk mendukung pelaksanaan P5, sadari dengan banyak kegiatan di sekolah. Selain itu, orang tua merekomendasikan bentuk kemerdekaan dalam pola asuh untuk mendukung kesuksesan P5.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japamul

Publisher

Subject

Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Multidisiplin also known as JAPAMUL (Online ISSN 2775-2097) published by Kuras Institute in cooperation with Scidac Plus. JAPAMUL concerned and published articles related to the practice and processes of community service, engagement, and empowerment. Every article published ...