Bima Loka: Journal of Physical Education
Vol 3 No 1 (2022): November

Profil kemampuan motorik mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi: suatu analisis hasil tes

Dhany Yudha Ramadhan (Universitas Nahdlaul Ulama Sunan Giri)
Benny Widya Priadana (Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlaul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur)
Wahyu Setia Kuscahyaning Putri (Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlaul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2023

Abstract

Kemampuan motorik yang efektif sangatlah esensial bagi individu dalam menjalankan aktivitas fisik serta berpartisipasi dalam kegiatan olahraga sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami secara komprehensif profil kemampuan motorik mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi melalui hasil tes yang dilakukan. Tujuan ini meliputi identifikasi tingkat kemampuan motorik, identifikasi kekuatan dan potensi pengembangan, serta perumusan rekomendasi strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang kemampuan motorik. Dalam penelitian ini, metode survei diterapkan dengan menggunakan Barrow Motor Ability Test sebagai alat pengukuran. Sampel penelitian terdiri dari 50 mahasiswa laki-laki. Proses analisis data melibatkan pendekatan statistik deskriptif dan perhitungan persentase untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan motorik para mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori Baik Sekali memiliki persentase sebesar 0%, kategori Baik sebesar 2.00%, kategori Sedang sebesar 48.00%, kategori Kurang sebesar 28.00%, dan kategori Sangat Kurang sebesar 22.00%. Dari data ini, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi memiliki tingkat kemampuan motorik yang berada dalam kategori Sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bimaloka

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences Other

Description

Bima Loka: Journal of Physical Education merupakan jurnal yang berisi tentang artikel dalam keilmuan Pendidikan Jasmani yang terbit pada bulan November dan April oleh Prodi Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FIO Unesa. Bima Loka: Journal of Physical Education menerima artikel yang membahas ...