Bima Loka: Journal of Physical Education
Vol 4 No 1 (2023): November

Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada siswa smp

Ferdi Dwi Alvianto (Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115)
Olivia Dwi Cahyani (Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115)
Benny Widya Priadana (Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115)
Hasan Saifuddin (Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Media audio visual telah menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa, termasuk para siswa yang tertarik memahami teknik-teknik shooting dalam permainan sepak bola. Namun, dampak dari penggunaan media audio visual terhadap kemampuan shooting siswa dalam sepak bola adalah permasalahan yang memiliki banyak dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana media audio visual memengaruhi kemampuan shooting siswa yang berada di kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa yang berada di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Rengel. Bobby Carlton Shooting Test digunakan sebagai alat penilaian terhadap kemampuan shooting. Untuk menganalisis data, uji Wilcoxon digunakan dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan shooting siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Rengel. Hal ini diperlihatkan oleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,001, dimana nilai tersebut lebih kecil daripada angka < 0,05. Kesimpulannya, media audio visual memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan shooting pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bimaloka

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences Other

Description

Bima Loka: Journal of Physical Education merupakan jurnal yang berisi tentang artikel dalam keilmuan Pendidikan Jasmani yang terbit pada bulan November dan April oleh Prodi Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FIO Unesa. Bima Loka: Journal of Physical Education menerima artikel yang membahas ...