Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis discovery learning pada materi animalia di SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang mengacuh pada desain penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Luwu yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon dan tes hasil belajar. Data penelitian diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji kevalidan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian validator ahli media dengan persentase 81,5% dan validator ahli materi dengan persentase 77,07%. (2) Uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dan setelah penggunaan e-modul sebesar 82,69% dan respon siswa sebesar 82,85%. (3) uji keefektifan dengan nilai 84,67% (sangat efektif). Kriteria ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Discovery Learning valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi animalia.
Copyrights © 2023