JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 7 No 02 (2023): August Edition

ANALISIS HIGHT ORDER THINKING SKILL BERDASARKAN SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NURUL HUDA)

Miftakhur Rohmah (Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda)
Rafika Rahmadani (Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda)
Khafid Ismail (Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda)
Nanang Rifa'i (Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda)
Meli Damayanti (Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu komponen kognitif peserta didik yang menunjang. Factor-faktor yang mempengaruhi berfikir kritis yakni self confidence dan self efficacy. urgensi penelitian yakni untuk mendeskripsikan keterkaitan yang dikontribusikan Self Confidence Dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berfikir Kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada saat pembelajaran berlangsung denganaspek pengamatan self- confidence dan self efficacy dengan indicator yang telah ditentukan, sertawawancara mendalam untuk menggali informasi yang mendalam. Untuk menganalisis data,teknik yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yakni teknik triangulasi waktu. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa kemampuan berfikir ktitis kategori tinggi 68,15%. Sedangkan Untuk self efficacy juga dapat dikategorikan baik, dengan adanya persiapan belajar sebelum perkuliahan dan mengumpulkan berbagai referensi sebagai bahan pembelajaran. Selain itu juga self confidence juga dapat muncul ketika adanya persiapan yang baik sebelum proses pembelajaran. Hubungan antara berpikir kritis, self-efficacy, dan self- confidence, sangat penting dalam keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...