cover
Contact Name
miftakhur Rohmah
Contact Email
Rohmah@stkipnurulhuda.ac.id
Phone
+6282377206638
Journal Mail Official
Utility@stkipnurulhuda.ac.id
Editorial Address
Jl. Kota Baru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Sumatera Selatan 32161 » Tel / fax : (0735) 482342
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 25491377     EISSN : 25491385     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau penelitian pengembangan bidang Ekonomi.
Articles 77 Documents
PENGARUH KERJA TIM DAN ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN DIKLAT PROVINSI KALIMANTAN BARAT Lidya Natalia Sartono
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 2 (2017): Agustus 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i2.110

Abstract

Badan pendidikan dan latihan berlokasi di Provinsi Kalimnatan Barat. Merupakan suatu lembaga yang pembentukan pertama dengan surat keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 135 Tahun 1990 tanggal 26 Maret 1990 tentang susunan Organisasi dan Tata Kerja Pendidikan dan Latihan Propinsi Kalimantan Barat. Untuk mensinergiskan semua yang menjadi tujuan organisasi khususnya Badan Diklat Provinsi Kalimantan Barat dengan pertimbangan bahwa Badan Diklat selaku pembina, pengawas, fasilitator dan penyelanggara dibidang kediklatan dalam pengelolaan pendidikan dan pelatihan antar satuan kerja perangkat daerah yang efektif dan efisien maka diperlukan pola satu pintu, namun ada hal menjadi catatatan dalam pengelolaan Badan Diklat dalam hal penilaian dan evaluasi yaitu masalah kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Diklat Provinsi Kalimantan Barat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling.Jumlah sampel ditentukan sebanyak 71 orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh langsung positif kerja tim terhadap kinerja pegawai; 2) Terdapat pengaruh langsung positif organizational learning terhadap kinerja pegawai; 3) Terdapat pengaruh langsung positif kerja tim terhadap organizational learning pegawai.
Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada PT. (Persero) Kawasan Berikat Nusantara (PT. KBN) Strategic Business Unit (SBU) Kawasan Cakung di Jakarta Utara Puspita Indah Hardiyanti
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 1 No 2 (2017): Agustus 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v1i2.111

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini pembangunan di bidang usaha di Indonesia semakin pesat. Salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan dan kemajuan dalam pembangunan adalah sumber daya manusia, di mana dengan dukungan sumber daya manusia yang produktif berkualitas, suatu perusahaan dapat merealisasikan tujuan dan harapan-harapannya dengan lebih baik.Perusahaan harus dapat memberikan berbagai pelatihan kepada para tenaga kerjanya dalam bentuk formal maupun non formal sehingga para tenaga kerja memiliki pengalaman kerja Hal ini akan bermanfaat bagi perusahaan dan menambah professional serta rasa tanggung jawab masing-masing pekerja. Populasi dalam penelitian ini adalah keryawan PT Persero KBN,sebanyak 161 orang yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan di Jakarta-Utara Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 72 orang. Teknik pengumpulan data berupa obeservasi,interviu dan dokumentasi. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Uji Prasyarat memakai Uji Realibilitas dan Normalitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan memakai SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan : 1) bahwa terdapat pengaruh sangat kuat pelatihan (X1) dan motivasi (X2) terhadap produktifitas kerja (Y),terdapat pengaruh yang nyata antara Motivasi (X1) tehadap produktifitas kerja (Y). Terdapat pengaruh yang nyata antara Motivasi (X2) tehadap produktivitas kerja (Y).
IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Yhadi Firdiansyah; Nunung Nurlaili
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 4 No 02 (2020): August Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v4i02.1151

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi metode dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS di MTs Hasyim Asyari Kota batu yang diperoleh ketika guru mengimplementasikan metode diskusi. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas, yang mana penelitian terdiri dari 2 siklus, dan empat tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama banyak siswa yang mendapat nilaidi bawah dari nilai ketuntasan atau KKM dimana sebanyak 60% siswa yang belum memenuhi nilai kriteria minimal. Sedangkan siswa yang memenuhi nilai ketuntasan yaitu hanya 40 %.Pada siklus ke dua hasil belajar diperoleh sebanyak 86,67 % siswa mampun memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, sedangkan 13,33 % siswa yang memperoleh nilai < 70 yang artinya terdapat 2 siswa yang masih belum tuntas.
PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS NURUL HUDA SUKARAJA Gustina Masitoh; Rusmiati Rusmiati; Rafika Rahmadani
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 4 No 02 (2020): August Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v4i02.1152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Jigsaw terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dalam bentuk quasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok siswa dengan Metode Jigsaw dan kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai oleh kelompok siswa dengan Metode Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional. Hasil hitungan dari 28 peserta didik kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas kontrol diperoleh bahwa thitung (5.774) > ttabel (1.673). Jadi terdapat pengaruh Metode Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS Luthfi Fatihatul Hidayah; Moh Farih fahmi
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 4 No 02 (2020): August Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v4i02.1153

Abstract

Media pembelajaran dapat membantu dan mempermudah guru untuk menyampaikan materi pelajaran IPS, serta membantu siswa untuk memahami materi IPS yang disampaikan secara menyeluruh, sehingga proses pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player yang layak serta menghasilakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII. Objek yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini seluruh siswa-siswi kelas VIII B di sekolah SMP Al Kamal kunir. Dengan jumlah siswa 29 anak. Metode pengeumpulan yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player dengan proses pembelajaran yang tidak menerapkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player pada mata pelajaran IPS kelas VIII I di SMP Al Kamal. Diperoleh data t hitung 11,594 > 1,701 maka Ho di tolak. Jadi penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash Player pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) signifikan
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DENGAN METODE PEER TUTORING DI KELAS VII MTs NURUL HUDA SUKARAJA Rani Martin; Miftakhur Rohmah; Dwi Susanti
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 4 No 02 (2020): August Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v4i02.1155

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar IPS peserta didik menggunakan metode tanya jawab dengan metode peer tutoring di kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi exsperimental design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara acak melalui pengundian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji z. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I yang menggunakan metode peer tutoring adalah 80,64 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II menggunakan metode tanya jawab adalah 64,20. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara peserta didik menggunakan metode tanya jawab dengan peserta didik menggunakan metode peer tutoring di kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. Hal itu dapat dilihat dari nilai z hit=56,7 > z tabel = 1,96. Karena z hit 56,7 tidak terletak diantara –Z1/2(1-α) < ± Zhit < Z1/2(1-α) yaitu -1,96 dan + 1,96 maka Ho di tolak sedangkan Ha diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PBL) PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA Siti Widya Astuti; Sigit Priyono; Vovi Sinta
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 4 No 02 (2020): August Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v4i02.1157

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Quasi Eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 168 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ1 dan TSM3 SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan angket, sedangkan analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian: Pertama: hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja yaitu dari 30 peserta didik terdapat 24 peserta didik atau 80.00% memperoleh nilai kategori sedang, 4 peserta didik atau 13,33% memperoleh nilai kategori tinggi dan 2 peserta didik atau 6,66% memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata hasil angket sebesar 69,37 Kedua: hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja yaitu dari 30 peserta didik terdapat 23 peserta didik atau 76,66% memperoleh nilai kategori sedang, 5 peserta didik atau 16,66% memperoleh nilai kategori tinggi dan 2 peserta didik atau 6,66% memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 76,93. Ketiga: pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja dengan nilai regresi thitung 6,016 dan ttabel 1,703, yang berarti jika skor angket penggunaan model pembelajaran Project Based Learning mengalami kenaikan sebesar 1, maka hasil belajar peserta didik (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 27%.
PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BUAY MADANG Nova Kurniati; Siti Afifah; Khafid Ismail
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 4 No 02 (2020): August Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v4i02.1159

Abstract

Ketercapaian hasil belajar secara maksimal merupakan tujuan utama kegiatan pembelajaran yang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang salah satunya adalah motivasi ekstrinsik belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 peserta didik, sedangkan sampel penelitian berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes, analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian: Motivasi ekstrinsik peserta didik pada pembelajaran Ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang masuk kategori sedang yaitu dari 29 peserta didik terdapat 22 peserta didik (75,76%) memperoleh skor kategori sedang dengan skor rata-rata angket 73,24. Hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang masuk kategori sedang yaitu dari 29 peserta didik terdapat 25 orang (86,21%) memperoleh nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 77,60. Terdapat pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang sebesar 90%, thitung 10,64 sedangkan ttabel 1,70. Oleh karena 10,64 > 1,70, maka H0 ditolak, sedangkan Ha diterima.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG EFEKTIF DI SMAN NEGERI KOTA PALEMBANG M Bambang Purwanto
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 5 No 01 (2021): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v5i01.1160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kepemimpinan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner atau angket. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Populasi berjumlah 12 orang, sampel penelitian berjumlah 12 orang. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah seluruh SMA Negeri se-Kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner pada 12 responden yaitu kepala sekolah SMAN se-Kabupaten Lumajang diperoleh data secara keseluruhan tentang kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Terdiri dari 35 pernyataan dan 5 alternatif jawaban, menunjukkan bahwa data tentang tingkat kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang efektif secara umum berada pada katagori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat dikualifikasikan baik dengan 9 responden atau 75%.
PENGARUH SANKSI PAJAK SERTA PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR WAJIB PAJAK Debyta Ayu Umi Hani; Imahda Khori Furqon
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 5 No 01 (2021): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v5i01.1161

Abstract

Pajak merupakan sumber utama Negara dalam mendanai belanja Negara. Pajak adalah kontribusi wajib kepada Negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan Negara untuk kemakmuran rakyat Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh sanksi pajak serta pengetahuan masyarakat tentang pajak terhadap kepatuhan membayar wajib pajak.Kepatuhan pajak jadi permasalahan yang belum terselesaikan saat ini di Indonesia, karena pada dasarnya karakteristik perilaku wajib pajak yang menyebabkan rendahnya kepatuhan pajak yaitu ketidakpatuhan yang disebabkan oleh ketidaktahuab dan ketidakpatuhan yang disengaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif.