PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPPM) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
Vol 5 No 1 (2023): SNPPM 5 Universitas Muhammadiyah Metro

OPTIMALISASI PEMBUDAYAAN LITERASI NUMERASI MELALUI PENYUSUNAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI GURU SMP

Dwi Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Metro)
Rahmad Bustanul Anwar (Universitas Muhammadiyah Metro)
Umi Hartati (Universitas Muhammadiyah Metro)
Mustika (Universitas Muhammadiyah Metro)
Amrih Sugiharti (Universitas Muhammadiyah Metro)
Amri Reza Wahyudin (Universitas Muhammadiyah Metro)
Hendri Indra Setiawan (Universitas Muhammadiyah Metro)
Hafizha Arwa Dewanti (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai kecakapan era RI 4.0.Kemampuan ini sangat membantu siswa menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan kehidupan seharihari. Untuk itu, sekolah wajib mengembangkan literasi melalui pembudayaan literasi di sekolah baik padakegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Namun, pembudayaan ini belum merata dengan baik pada semuasekolah, salah satunya di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Permasalahannya adalah karena rendahnyaketerlibatan guru dalam pelatihan literasi numerasi. Hal ini berdampak kurangnya pengetahuan dan ketrampilanguru dalam pembudayaan literasi pada kegiatan kurikuler seperti penyusunan modul untuk mendukung literasinumerasi. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian berupa workshop pembudayaan literasi numerasi.Metode kegiatan ini workshop penyusunan modul penyusunan PjBl bagi guru SMP Muhammadiyah SekampungUdik guna mengoptimalkan budaya literasi numerasi pada kegiatan kurikuler. Tujuan kegiatan ini untukmeningkatkan pengetahuan literasi numerasi dan ketrampilan guru dalam menyusun modul PjBl gunamengoptimalkan budaya literasi numerasi. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa peningkatan capaianpengetahuan dan ketrampilan guru dalam menyusun modul yang mencapai kategori tinggi 7 guru (28%), kategorisedang 15 guru (60%), dan kategori rendah 3 guru (12%). Kesimpulannya terdapat 88% guru memilikipengetahuan literasi numerasi dan ketrampilan dalam menyusun modul PjBl guna mengoptimalkan budaya literasinumerasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snppm

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Seminar Nasional penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro (e-ISSN: 2962-814) dengan tema Inovasi dalam membangun koneksi sains dan teknologi untuk kehidupan yang berkelanjutan. SNPPM merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan UM Metro dalam rangka MILAD UM ...