Jurnal Administrasi Bisnis


Pengaruh Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Kuliner di Kota Makassar

Khaerul Saputrakarim (Universitas Negeri Makassar)
Muh Rizal S (Universitas Negeri Makassar)
Aris Baharuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pengaruh Selebgram Endorsement terhadap Minat Beli produk kuliner di Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah selebgram endorsement dengan indikatornya dapat dipercaya, keahlian, daya tarik, rasa hormat, dan kesamaan. Sedangkan variabel terikatnya adalah minat beli dengan indikatornya adalah perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan, dan tindakan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengikut akun instagram @fadelaustyn yaitu sebanyak 100 akun instagram yang telah diambil dengan menggunakan rumus slovin. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, analisis data deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel yang menunjukkan bahwa variabel selebgram endorsement berada pada kategori sangat baik dan variabel minat beli berada pada kategori baik. Berdasarkan dengan uji korelasi terjadi hubungan sangat tinggi diantara kedua variabel tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara selebgram endorsement terhadap minat beli produk kuliner di kota Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya ...