Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

ANALISIS KESIAPAN UNTUK BERINKUIRI TAHAP OBSERVASI PADA SISWA KELAS XII SMAN 22 BONE

Afridha Nurfadhyla (Universitas Negeri Makassar)
Pariabti Palloan (Universitas Negeri Makassar)
M. A Martawijaya (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitiaan kuaitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi setiap individu dalam menggambarkan fenomena disekitarnya untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam mnggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 22 Bone yang berjumlah 5 orang yang kemudian akan dipilih siswa kelas XII yang memiliki nilai fisika tertinggi untuk menjadi subjek penelitian ini. pengumpulan data dilakukan melalui pemberian masalah pemicu dalam bentuk pengamatan objek kearifan lokal untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing kemudian melakukan wawancara kepada setiap subjek penelitian yang diajukan secara lisan dan dijelaskan sedetail mungkin. instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket. Data yang diuji keabsahannya kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedsiapan peserta didik SMAN 22 Bone untuk berinkuiri tahap observasi dapat dikatakan siap dan telah memenuhi salah satu indikator kesiapan berinkuiri tahap observasi yaitu menggunakan alat dan bahan untuk mengamati objek dengan detail.

Copyrights © 2023