Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 11 No 2 (2023): Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik

Rintan Wanti Anisah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Patra Aghtiar Rakhman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Rokhmanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru dan dampak strategi tersebut dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 di SD Negeri Curuglanglang 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik triangulasi berupa data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang diperkuat dengan hasil literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, termasuk penggunaan bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat kecerdasan peserta didik, penerapan metode pembelajaran yang interaktif, dan penciptaan lingkungan belajar yang mendukung. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca di tingkat SD, dengan penekanan pada strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam pembelajaran membaca kelas 1. Kata Kunci: Strategi, guru, kemampuan membaca, peserta didik, sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...