Sebelum melaksanakan layanan, tolak ukur kinerja guru BK ketika penyusunan program BK menjadi hal yang terpenting. Hal ini dikarenakan pelayanan guru BK/ Konselor dapat terlaksana dengan tertib dan tuntas apabila guru BK/ Konselor memiliki pemahaman program yang lebih mendalam. Program BK disusun untuk memudahkan guru BK dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memahami apa saja strategi penyusunan program BK di madrasah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka. Hasil penulisan ini menjelaskan bahwa guru BK/ Konselor ketika penyusunan program BK di madrasah perlu didasarkan pada pendekatan yang holistik dan komprehensif. Dalam strategi penyusunan program BK terdapat beberapa langkah pokok, yaitu 1) identifikasi kebutuhan/ analisis kebutuhan; 2) guru BK menyusun rencana kerja; 3) Kolaborasi dengan Stakeholder; 4) pelaksanaan kegiatan; 5) evaluasi dan pemantauan.
Copyrights © 2023