Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 3 (2022)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DI KELAS V SDN BUAJANGKA KAB. MOROWALI

Riri Kristina (Universitas Halu Oleo)
Mansyur M. (Universitas Halu Oleo)
La Rabani (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining (SFE) di Kelas V SDN Buajangka. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Buajangka. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan respon sedangkan data kuantitatif melalui keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pertemuan 2 sebesar 63,00%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 88,00% dan pertemuan 2 sebesar 100% dan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pertemuan 2 sebesar 63,00%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 88,00% dan pertemuan 2 sebesar 100%, respon siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64,23% dan pertemuan 2 sebesar 75,38%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85,00% dan pertemuan 2 sebesar 90,38%,. Peningkatan hasil belajar (keterampilan berbicara) siswa kelas V dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 53,85% dengan rata-rata sebesar 67,31 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II mencapai 84,62% dengan nilai rata-rata 79,81. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Buajangka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...