Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 4 (2023): EDISI OKTOBER (in press)

ANALISIS FOTO JURNALISTIK TENTANG KELUARGA RIDWAN KAMIL DI PINGGIR SUNGAI AARE SWISS MENGGUNAKAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Bintang Hendrians (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sampoerno Sampoerno (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sri Suwartiningsih (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Tujuan analisa ini untuk memperdalam pemahaman tentang bagaimana fotografi jurnalistik dapat mengkomunikasikan makna, emosi, dan pesan dalam peristiwa tragis ini, dengan menerapkan kerangka kerja semiotika Roland Barthes sebagai alat analisis. Analisis kajian penelitian dalam sebuah foto jurnalistik dalam menggunakan teori semiotika Roland Barthes dalam menemukan pemaknaan melalui narasumber. Hasil penelitian ini mengungkap makna-makna yang terkandung dalam foto. Selain kesedihan dan duka yang sangat terlihat melalui ekspresi wajah dan gesture keluarga Ridwan Kamil, terdapat makna tambahan yang muncul dari foto ini. Makna tambahan ini mencakup pengharapan untuk Alm. Eril Kamil yang saat itu masih dalam status hilang, dengan harapan agar keluarga dapat menemukannya dengan segera dan selamat. Hal ini tercermin dari corak atribut pakaian dan tindakan melemparkan bunga ke arus sungai dalam foto. Selain makna utama dan tambahan, foto ini juga memiliki potensi untuk menimbulkan makna yang berbeda bagi masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan tentang berita ini atau orang-orang di luar negeri. Menafsirkan foto ini sebagai potret rekreasi keluarga, karena warna pakaian yang dikenakan oleh keluarga tidak mencerminkan kesedihan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...