Permainan merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kesenangan pada seseorang, terutama yang memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Bagi anak-anak, bermain merupakan kegiatan utama seperti halnya makan dan minum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD GMIT Tuapakas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-posttest design. Subyek dari penelitian ini adalah Siswi Kelas V SD GMIT Tuapakas sebanyak 12 siswa baik saat pre test maupun post tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ketrampilan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diolah menggunakan rumus t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata tes awal = 64.58, rerata tes akhir = 75.83 dan t-hitung = 5.25. Hasil perhitungan selanjutnya dibandingkan df=N-1(12-1)=11 dalam tabel taraf signifikasi 2.201 (5%) maka didapat t- hitung 5.25 > 2.201 (5%). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak, karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional lompat tali meningkatkan hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD GMIT Tuapakas yaitu sebesar 17,4 %.
Copyrights © 2023