Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2023): Januari

Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD GMIT Tuapakas: Indonesia

Yohana Bire (Universitas Persatuan Guru 1945 NTT)
Dixon Taek Bete (Universitas Persatuan Guru 1945 NTT)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Permainan merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kesenangan pada seseorang, terutama yang memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Bagi anak-anak, bermain merupakan kegiatan utama seperti halnya makan dan minum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD GMIT Tuapakas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-posttest design. Subyek dari penelitian ini adalah Siswi Kelas V SD GMIT Tuapakas sebanyak 12 siswa baik saat pre test maupun post tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ketrampilan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diolah menggunakan rumus t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata tes awal = 64.58, rerata tes akhir = 75.83 dan t-hitung = 5.25. Hasil perhitungan selanjutnya dibandingkan df=N-1(12-1)=11 dalam tabel taraf signifikasi 2.201 (5%) maka didapat t- hitung 5.25 > 2.201 (5%). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak, karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional lompat tali meningkatkan hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD GMIT Tuapakas yaitu sebesar 17,4 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...