JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Desain Pembelajaran IPAS Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Sururuddin (Universitas Hamzanwadi)
Suriyani Irmawati (Universitas Hamzanwadi)
Yul Alfian Hadi (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Bebagai upaya perubahan kurikulum hanya semata-mata untuk menyempurnakan kurikulum yang sebelumnya dengan tujuan memperbaiki kualitas Pendidikan.Salah satu pelajaran yang ada di sekolah dasar yang merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain perangkat pembelajaran IPAS kelas IV. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan prosedur pengembangan ASSURE (Analyze Learner, State Objectives, Select methods, media, and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and Revise). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi modul ajar dengan interval 44,2≤54,6 kategori kevalidan yang Baik dan sudah dianggap layak untuk di uji cobakan, validasi ahli media dengan interval X>37,8 kategori kevalidan yang Sangat Baik. Validasi ahli materi LKPD dengan interval X>54,6 kategori kevalidan yang Sangat Baik, validasi ahli media dengan interval X> 50,4 kategori kevalidan yang Sangat Baik. Validasi ahli materi bahan ajar dengan interval X>54,6 kategori kevalidan yang Sangat Baik, validasi ahli media dengan interval X>67.2 kategori kevalidan yang “Sangat Baik”. Validasi ahli materi media pembelajaran dengan interval X>58,79 kategori kevalidan yang Sangat Baik, validasi ahli media dengan interval X>46,14 kategori kevalidan yang Sangat Baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...