Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2023): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Juli - Desember 2023

Pendampingan Kegiatan Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Doko

Umi Nahdiyah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Nanang Zamroji (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Abd. Charis Fauzan (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Di Indonesia, gerakan literasi telah diterapkan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan minat baca siswa yang rendah, namun program literasi tidak keseluruhan bisa diterapkan sekolah. SMPN 2 Doko adalah satu sekolah negeri di Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar yang belum bisa mengimplementasikan gerakan literasi sekolah dikarenakan terbatasnya sarana yang dimiliki, seperti kurangnya buku bacaan yang ada di perpustakaan dan kurangnya kesadaran siswa dalam belajar. Permasalahan lain adalah faktor ekonomi keluarga siswa yang rata-rata rendah sehingga berpengaruh terhadap minat baca siswa. Berdasarkan kondisi tersebut, maka keterampilan literasi pemula menjadi fokus dalam kegiatan literasi ini dengan literasi baca tulis. Kegiatan literasi dilaksanakan di perpustakaan dalam waktu 20 menit dengan membaca buku non-akademik dan oleh guru. Kegiatan berlangsung seminggu 1 kali pada siswa kelas 7. Pada kegiatan literasi ini, kepala sekolah menunjuk beberapa guru pendamping yang selalu mendampingi siswa-siswinya.  Pendampingan kegiatan literasi mendapatkan penerimaan yang baik dari siswa-siswi SMPN 2 Doko, hal ini dapat ditinjau dari keaktifan hingga 85% dari siswa-siswi dalam mengisi jurnal kegiatan dan menyerahkannya kepada masing-masing guru pendamping.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...