Majalah Farmaseutik
Vol 19, No 3 (2023): in press

Pengukuran Perilaku Kepatuhan Penggunaan Obat pada Pasien Hipertensi dengan Probabilistic Medication Adherence Scale (ProMAS)

Juniawan Akbar Karisma Putra (Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada)
Chairun Wiedyaningsih (Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada)
Anna Wahyuni Widayanti, MPH., Apt., Ph.D. (Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2023

Abstract

Hipertensi masih menjadi penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Di Indonesia, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hipertensi menjadi penyakit yang paling sering muncul. Pengobatan hipertensi memerlukan jangka waktu yang panjang sehingga sangat dipengaruhi oleh kepatuhan. Beberapa kuesioner telah dikembangkan untuk mengukur kepatuhan pasien, salah satunya adalah Probabilistic Medication Adherence Scale (ProMAS). Identifikasi hubungan berbagai faktor dengan kepatuhan diperlukan untuk memaksimalkan regimen terapi di masa datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor sosiodemografi dengan tingkat kepatuhan pasien hipertensi. Penelitian non-eksperimental dipilih dengan pendekatan kuantitatif secara cross-sectional. Jumlah sampel sejumlah 125 responden diambil dari 10 Puskesmas di DIY pada rentang Januari 2023 – April 2023. Hasil skor ProMAS menunjukkan mayoritas memiliki tingkat kepatuhan tinggi (38,4%) dan sedang-tinggi (52%). Analisis statistik menunjukkan usia berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan (p=0,02). Analisis lebih lanjut menghasilkan tidak adanya perbedaan signifikan antara kepatuhan pada usia <40, 40-60, dan >60 tahun. Faktor demografi lainnya seperti total jumlah obat (p=0,912), jumlah frekuensi obat (p=0,401), jenis kelamin (p=0,152), jenis pembayaran (p=0,647), pendidikan terakhir (p=0,366), status pekerjaan (p=0,658), dan bantuan seseorang dalam pengobatan (p=0,854) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan. Hasil ini menunjukkan mayoritas pasien hipertensi di DIY sudah termasuk patuh dalam pengobatan. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa ketidakpatuhan pasien dalam pengobatan hipertensi di DIY dapat terjadi pada usia berapapun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

majalahfarmaseutik

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Majalah Farmaseutic accepts submission concerning in particular fields such as pharmaceutics, pharmaceutical biology, pharmaceutical chemistry, pharmacology, and social ...