Pendidikan merupakan hal terpenting untuk generasi penerus bangsa Indonesia. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, bukan hanya peran guru di sekolah saja yang menjadi faktor peningkat namun peran masyarakatpun juga menjadi faktornya. Peneliti mengulas bagaimana peran masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Negeri 2 Pangandaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari wawancara dengan kepala sekolah MTs Negeri 2 Pangandaran, ditemukan tiga lembaga masyarakat yang berperan dalam peningkatan mutu pembelajaran yaitu lembaga kesehatan, lembaga pemberdayaan masyarakat dan lembaga perlindungan masyarakat. Keberhasilan proses peningkatan mutu pembelajaran di MTs sangat ditentukan oleh unsur-unsur yang terlibat dalam proses tersebut, yaitu MTs itu sendiri dan masyarakat. Dalam kajian beberapa sumber ditemukan adanya peran partisipasi masyarakat yang berbeda-beda, namun tujuannya sama yaitu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Dari hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa semua peran yang dijalankan berguna dan sangat bermanfaat untuk sekolah.
Copyrights © 2023