SURPLUS : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2023): Juni-Nopember 2023

Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MAN Kota Solok

Sefra Nelta (Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas PGRI Sumbar)
Jimi Ronald (Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas PGRI Sumbar)
Indra Mulia Pratama (Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas PGRI Sumbar)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar, 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, 3) lingkungan keluarga terhadap hasil belajar, 4) pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar, (5) pengaruh efikasi diri, kebiasaan belajar, lingkungan keluarga dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di Man Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS di Man Kota Solok yang berjumlah 70 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji regresi linear berganda bertingkat dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,090, nilai thitung 2,014>ttabel sebesar 1,997; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,097, nilai thitung 2,343>ttabel sebesar 1,997; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,075, nilai thitung 2,107>ttabel sebesar 1,997; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai koefisien 0,084 dan nilai thitung sebesar 2,654>ttabel sebesar 1,997; (5) terdapat pengaruh efikasi diri, kebiasaan belajar, lingkungan keluarga, metode mengajar guru, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan Fhitung 23,144 > Ftabel 2,74.

Copyrights © 2023