Bandung Conference Series: Public Relations
Vol. 3 No. 2 (2023): Bandung Conference Series: Public Relations

Pengaruh Penggunaan Instagram Story terhadap Pemenuhan Konsep Diri Ideal: (Studi Korelasional tentang Penggunaan Instagram Story sebagai Media Pemenuhan Konsep Diri Ideal terhadap Mahasiswa di Kota Bandung)

Nastiti Ratna Utami (Public Relation, Ilmu Komunikasi)
Ratri Rizki Kusumalestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Abstract. Intrapersonal communication and interpersonal communication have a role to change and develop the individual self including his self-concept. According to Hurlock, there is an actual self-concept and an ideal self-concept in humans. From the existence of these two concepts in humans, its possible for a gap to arise due to discrepancy between ideal self and the actual self . The use of the Instagram story feature is thought to influence the fulfillment of one's ideal self. The method used in this research is quantitative with a correlational approach. The population in this study were students in the city of Bandung. Research data collection was carried out by distributing questionnaires. Determination of the sample of this study using random sampling and there is a total sample of 100 people measured using Limeshow. F test, t test and Pearson correlation test were performed. The results obtained show that the use of Instagram Stories significantly influences the fulfillment of the ideal self-concept of its users. Abstrak. Komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal berperan dalam mengubah dan mengembangkan diri individu termasuk terhadap konsep dirinya. Menurut Hurlock terdapat konsep diri aktual dan konsep diri ideal dalam diri manusia. Dari adanya kedua konsep diri manusia memungkinkan timbulnya kesenjangan akibat ketidaksesuaian antara keduan. Penggunaan fitur Instagram story diduga dapat berpengaruh terhadap pemenuhan konsep diri ideal seseorang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Bandung. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan random sampling serta terdapat jumlah sampel sebesar 100 orang diukur menggunakan Limeshow. Dilakukan uji F, uji t dan uji korelasi Pearson. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa penggunaan Instagram Story secara signifikan berpengaruh terhadap pemenuhan konsep diri ideal penggunanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BCSPR

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Public Relations (BCSPR) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Public Relations dengan ruang lingkup Strategi Promosi, Brand, Citra, Corporate Social Responbility, Digital Public Relations, Diplomasi Publik, ...