Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3 No 2 (2023): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Analisis Daya Beda Tes Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi

Maziyyatul Muslimah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Amila Widiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Kualitas butir soal pilihan ganda memiliki dampak signifikan pada evaluasi dan pengukuran pemahaman siswa terhadap materi pelajaran bahasa Arab. Dengan mengevaluasi kualitas butir soal, guru dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam penyusunan soal, serta meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal pilihan ganda pada pelajaran bahasa Arab di SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dalam bentuk angka dan dianalisis melalui statistik menggunakan aspek pengukuran, perhitungan rumus dan kepastian data numerik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan butir soal pilihan ganda pada pelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 10 butir soal pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: 3 butir soal yang memiliki kriteria sangat baik, yang menunjukkan bahwa soal dapat membedakan antara siswa yang memiliki kemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah. terdapat 1 soal yang memiliki kriteria baik. Ada 1 soal yang memiliki kriteria cukup. Dan terdapat 5 butir soal yang memiliki kriteria buruk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AL-MUARRIB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State ...